Rabu, 15 November 2017

Kita ber(beda)dua

0

Pernah gak mak pas lagi ngomong sesuatu, doi ngeyel atau kita ngerasa dia gak ngerti-ngerti. Trus kalo dia gak ngerti-ngerti kita KZL dong ya. Hhm.. jadi dari materi pertama komunikasi produktif kemarin sih ada yang namanya Frame of Reference (FoR) dan Frame of Experience (FoE).

FoR adalah cara pandang, keyakinan, konsep dan tatanilai yang dianut seseorang. Bisa berasal dari pendidikan ortu, bukubacaan, pergaulan, indoktrinasi dll.

FoE adalah serangkaian kejadian yang dialami seseorang, yang dapat membangun emosi dan sikap mental seseorang.

Nah, FoE dan FoR mempengaruhi persepsi seseorang terhadap suatu pesan/informasi yang datang kepadanya.

Jadi kalo ada beda pendapat ya wajar. Namanya juga beda ibubapak, beda jurusan, beda kesukaan sama sesuatu, juga beda pengalaman lah pastinya.

Harapannya sih, segala apa yg kita omong diterima dan mengerti, tapi apa bisa? Bakal ada perang kalo kita saling maksa pendapat dan harus selalu pake sudut pandang kita. Jadi kalo udah gini, ya balik lagi ngerti kalo setiap orang punya pandangannya masing-masing. Setelah itu hargai.

Oh ya, ditambah deh sama doa minta yang terbaik. Jadi entah pendapat dia atau kita, yang dikabul adalah yang terbaik. Dan hati-hati kita insya alloh siap dengan itu. Dengan jalan yang Allah buat.

#hari10
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

0 komentar:

Posting Komentar